Info Ramadan

Propellerads
Monetize your website traffic with yX Media

Friday, July 12, 2013

Aktivitas Olahraga diBulan Puasa Bagus

DuniaRamadan - Idealnya saat berpuasa tubuh harus tetap aktif bergerak. Misalnya, dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Namun bukan berarti olahraga dapat dilakukan kapan saja.

Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto mengatakan, individu yang berolahraga saat berpuasa harus mengetahui lebih dulu tujuannya. Ada dua tujuan seseorang berolahraga: ingin meningkatkan kebugaran dan mempertahankan kebugaran. Berikut adalah waktu tepat melakukannya.

Olahraga di pagi hari

Bila tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran, Michael menganjurkan untuk berolahraga di pagi hari - setelah sahur dengan intensitas ringan-. Ini dilakukan agar tak memicu terjadinya dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan saat siang hari. Jika dilakukan siang hari bisa berpotensi mengurangi efektifitas kerja.

Lakukan olahraga yang aman namun tetap bermanfaat, seperti jalan cepat, joging, dan bersepeda. "Komposisinya 70 persen kardio dan 30 persen beban, seperti push up dan sit up," ujarnya saat dihubungi VIVAlife, Jumat, 12 Juli 2013.
Michael menjelaskan,  olahraga ini sebaiknya dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Selain untuk mempererat hubungan keluraga, juga membangun kebiasaan hidup sehat.

Olahraga di sore hari
Bila tujuannya untuk menjaga kekuatan dan bentuk otot yang telah terbentuk sebelumnya atau ingin berolahraga yang lebih berat, sebaiknya dilakukan sore hari - dua jam sebelum berbuka puasa-. Alasannya ketika kehilangan cairan yang berlebihan, individu akan lebih mudah mencukupinya saat waktu berbuka.

Bagi mereka yang ingin latihan bersifat explosive power atau mempertahankan otot dengan latihan beban berat, harus memperhatikan faktor suhu, udara, dan cuaca. Hal ini dilakukan agar puasa dapat tetap terjaga.

Michael menganjurkan komposisi berolahraga ideal untuk kardio dan beban sama besarnya, yaitu 50 persen. Tak hanya itu, intensitas latihan berat biasanya juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

"Mereka yang ingin mempertahankan kebugaran, sebaiknya menghindari olahraga di pagi hari. Hal ini karena dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan yang membuat puasa menjadi batal," ucapnya.


Sumber : viva.co.id
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Dunianews Ramadan
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top